Cara Membuat Restore Point (System Restore) Pada Windows 8.1

Cara Membuat Restore Point (System Restore) Pada Windows 8.1 | Create Restore Point adalah langkah yang dapat mengamankan Windows apabila terjadi perubahan yang tidak semestinya pada Windows dengan membackup system registry setting pada file tertentu sehingga kapan saja dibutuhkan bisa langsung dgunakan.

Restore Point merupakan salah satu solusi pada saat Windows tiba-tiba hang atau menjadi bermasalah saaat digunakan, hal ini tentu saja sangat mengganggu dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan. Oleh karena itu Restore Point ini termasuk penting dalam hal proteksi system Windows.

cara membuat restore point windows
Kadang-kadang setelah meng-install atau meng-uninstall sebuah program ataupun setting pada driver dan sebagainya terjadi malfunction atau fungsi yang semestinya pada system Windows yang mengakibatkan terjadinya trouble dan system menjadi error, System Restore ini dapat mengatasinya dengan membackup setting dan juga Registry yang mana setting dan program Windows akan dikembalikan pada point tersebut.

Restore Point ini sebaiknya dibuat saat System dalam kondisi normal, sehingga jika suatu saat kita mengalami masalah pada Windows, kita bisa menggunakannya untuk me-restore (mengembalikan) settingan computer kita seperti pada saat Restore Point dibuat.

Berikut langkah – langkah membuat restore point pada Windows 8.1 :

  1. Klik kanan ikon Start pada sudut kiri desktop dan pilih Control Panel
  2. Pada jendela Control Panel arahkan kursor klik pada System and Security 
  3. Pada jendela System and Security pilih System
  4. Pada Jendela System pilih System protection yang terletak di sebelah kiri atas maka akan muncul jendela System Properties dan kita berada pada tab System protection
  5. Pada jendela ini klik dulu pada Local Disk (C:\)(umumnya system terinstall di drive C:\) setelah itu klik tombol Create di bawah maka akan muncul jendela baru.
  6. Pada jendela ini kita diminta untuk memberikan nama pada Restore Point yang akan kita buat dan berikan nama (terserah anda) kemudian klik Create
  7. Tunggu hingga prosesnya selesai dan pada saat selesai aka nada popup window yang berisi ‘The restore point was created successfully’ dan selesai. System Restore Point siap digunakan saat dibutuhkan.
Alasan mengapa Restore point ini lebih baik karena Restore Point tidak merubah ataupun menghapus file-file pribadi dalam computer sehingga bisa dikatakan ini adalah cara paling aman untuk memperbaiki Windows yang sedang trouble. jika dibandingkan dengan penggunaan program program lain dari para developer, saya kira menggunkan fasilitas system restore ini masih tetap yag paling aman bahkan untuk pengguna baru sekalipun.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon